Container Icon

Kunci Menikmati Hidup


Seorang lelaki yang telah bertahun-tahun belajar pada seorang bijak menemukan bahwa kunci hidup yang berkualitas adalah pada kesadaran. Intinya, untuk dapat menikmati hidup orang harus memiliki kesadaran setiap saat.

Suatu hari ia mengunjungi si orang bijak. Karena hari hujan, ia memakai sepatu dan membawa payung Ketika lelaki ini masuk, orang bijak berkata, ‘’Engkau meninggalkan sepatu dan payungmu di depan pintu bukan? Ingatkah engkau, payungmu kau letakkan di sebelah kanan sepatumu atau di sebelah kirinya?''

Lelaki itu tak dapat menjawab. Ia tak ingat letak yang sebenarnya. Ia langsung menyadari bahwa ia belum mampu membina kesadarannya secara terus-menerus. Maka, ia kembali berguru pada si orang bijak untuk mencapai kesadaran yang tak kunjung henti.

Ada dua jenis kesadaran, kesadaran makro dan kesadaran mikro.
Kesadaran makro adalah menyadari mengenai siapa diri kita, dari mana kita berasal, untuk apa kita hidup dan kemana kita akan pergi.
Kesadaran mikro adalah kesadaran dalam keseharian kita. Di sini kita menyadari sepenuhnya apa yang sedang kita lakukan, pikirkan, dan rasakan. Dalam kehidupan sehari-hari pernahkah kita melakukan atau mengatakan sesuatu kemudian menyesalinya? kita bahkan tak habis pikir mengapa kita dapat melakukan hal tersebut.

Banyak permasalahan yang kita hadapi terjadi semata-mata karena kurangnya kesadaran pada saat kita melakukannya. kita baru sadar telah bercanda tidak pada tempatnya begitu ada kawan yang merasa terluka, kita baru sadar telah bertindak kasar setelah orang lain sakit hati. kita baru sadar telah berbohong setelah hal itu menimbulkan masalah.

Menyadari perasaan yang muncul setiap waktu merupakan kunci keberhasilan kita dalam hidup. kita harus mampu mengenali dan mendefinisikan berbagai macam perasaan yang datang silih berganti. Begitu kita marah, sadarilah bahwa kita sedang marah. Begitu kita takut, sadarilah kita sedang takut. Begitu kita sedang tergoda, sadarilah bahwa kita sedang tergoda. kita harus mampu menyadari perasaan yang timbul. Sadari dan akuilah perasaan itu. Ini namanya kesadaran yang tepat waktu. Dengan demikian kita dapat membunuh ‘’monsternya’’ selagi ia masih kecil.

kesadaran dan keterjagaan pikiran membuat kita lebih fokus. Ini membantu kita memberikan perhatian pada apa yang tengah kita kerjakan persis pada saat kita mengerjakannya. Memberikan perhatian membuat kita hidup di dalamnya, serta menikmati dan mengapresiasi saat ini dalam semua kekayaan dan kedalamannya. Ini membantu kita benar-benar melihat apa yang sebenarnya tengah terjadi

cara termurah untuk dapat menikmati hidup yang berkualitas. kita tidak perlu melakukan apapun. Yang kita perlukan Cuma satu: Menyadari! Kesadaran ini bukan hanya akan meningkatkan kualitas hidup kita pribadi tetapi juga kualitas hubungan kita dengan orang lain. Kunci hubungan baik dengan orang lain adalah pada kemampuan mendengarkan. Nah, dengan memberikan kesadaran penuh pada apa yang sedang terjadi kita akan mampu menjadi pendengar yang baik. kita akan menjadi orang yang menyenangkan karena dapat memberikan perhatian penuh pada lawan bicara kita.

ingin mencobanya? Izinkan saya berbagi satu tips sederhana. Mulailah hari Anda lebih pagi. Berangkatlah ke tempat kerja/kuliah sedikit lebih awal dari biasanya. Jangan terburu-buru, melangkahlah dengan penuh kesadaran, dan nikmati pemandangan di jalan yang Anda lalui. Bukalah semua panca indera dan rasakanlah keberadaan kita. kita akan banyak menemukan hal-hal yang baru dan percayalah, hidup kita akan jauh lebih indah.
-----
Sumber:  oleh Arvan Pradiansyah penulis buku Life is Beautiful

0 komentar :

Posting Komentar