Container Icon

Termasuk Riba kah??

      Ketika pembentukan organisasi atau institusi bisnis dilakukan dalam perspektif Islam tetapi sistem operasional yang digunakan berbasis pada filosofi yang berbeda dengan Islam, maka hal ini akan menyebabkan inkonsistensi dan penyimpangan perilaku agen Muslim yang bisa mengarah kembali kepada tujuan ekonomi sekuler kapitalistik.  Demikian pula, penerapan etika Islam dalam praktik organisasi dan institusi bisnis tetapi tanpa dilandasi oleh tujuan dan prinsip organisasi yang sesuai Islam akan melahirkan kesan kapitalisme berbaju Islam.

     Dalam konteks organisasi, tata kelola atau manajemen dan akuntansi merupakan dua hal pokok yang menjadi ciri khas suatu organisasi.
-----

Sebut saja, sebuah Universitas XX yang membuka program ekonomi Islam
hari itu, beredarlah sms dari kosma sebagai perpanjangan informasi dari akademik, dengan isi sms "pembayaran uang SPP, terakhir pembayaran 11 Februari 2011"

Sekilas sms itu biasa saja, ada hak tentulah ada kewajiban.
yang kemudian menjadi selaksa tanya adalah kebijakan yang mengikutinya..
bila :
- Pembayaran SPP, belum dilakukan sampai batas akhir ( 11 Februari 2011) akan diberikan dispensasi sampai 1 pekan, dengan denda 10% * hal ini berarti bila SPP, 10 juta maka akan menjadi 11 juta.

- Bila pembayaran SPP inipun dari waktu dispensasi 1 pekan yang diberikan, belum juga dilakukan pembayaran, masih akan diberikan dispensasi kembali selama 1 pekan dengan denda 20% * hal ini berarti, bila SPP 10 juta, maka menjadi 12 juta.

- Bila pembayaran SPP inipun dari 2 dispensasi waktu yang diberikan, belum juga dapat melakukan pembayaran, maka terhitung alfa studi dan tetap punya kewajiban bayar SPP, dengan kata lain denda 100% *hal ini berarti, bila SPP 10 juta, maka semester depan, kewajiban yang harus dibayar 20 juta.
----

Praktik mendahului teori, itulah yang sering saya dengar bila menyangkut tentang perbincangan Ekonomi Islam apalagi bila kita khususkan lagi pada perbankan Syariah, namun bukan itu inti persoalannya..
wajar saja, karena perbankan syariah sedang dalam taraf berkembang menuju syariah, bisa saja sedang mencapai 10%, 20%, 30%, 50% tetapi tidak menutup kemungkinan akan mencapai 100%. amin.
yang akan menjadi masalah, bila kita tidak turut andil menjadi pejuang ekonomi Islam didalamnya, tidak turut mengawasi perkembangannya,,,,
---
Menurut rekan-rekan,
kasus diatas yang saya paparkan, termasuk riba kah??


0 komentar :

Posting Komentar